Indonesia Singapura Sepakat Kerjasama Sektor Pariwisata

Indonesia dan Singapura sepakat kerjasama sektor pariwisata, hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong setelah acara 2nd Indonesia-Singapura Business Council Meeting.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama Kadin Indonesia bekerjasama dengan Economic Development Board (EDB)  Singapura dan Singapore Business Federation (SBF) sebenarnya menyepakati 3 sektor penting kerjasama.

Tiga sektor prioritas yang disepakati secara resmi dalam pertemuan tersebut yakni capital market, ekonomi digital dan sektor pariwisata serta infrastruktur pendukungnya.

“Indonesia dapat mengambil keuntungan dari Singapura yang telah dikenal sebagai financial hub di kawasan Asia untuk mendapatkan pembiayaan dari proyek-proyek investasi di sektor pariwisata dan ekonomi digital,” ujar Thomas Lembong.

Sebelumnya memang kerjasama kedua Negara sudah terjadi di sektor pariwisata, salah satu pembahasan kerjasama sektor pariwisata adalah berkaitan dengan wisata kapal pesiar.

Keseriusan Indonesia dan Singapura ditunjukan dalam ajang MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition/Event) dengan dibukanya rute kapal pesiar Genting Dream setelah membuka rute pelayanan Singapura-Bali Utara-Surabaya pada November 2017.

Kemudian setelah itu kapal pesiar Genting Dream Cruise pada bulan Desember juga singgah di Pelabuhan Celukan Bawang Bali, Buleleng, Bali.

Nantinya secara resmi perusahaan kapal pesiar asal Hongkong ini akan mengoperasikan dua kapal pesiar terbesar di Asia Pasifik yakni Genting Dream dan World Dream.

Genting Dream melayani palayaran antara lain dari Singapura ke Celukan Bawang (Bali Utara)-Surabaya-Jakarta- kembali ke Singapura yang dikemas dalam paket 5 malam pelayaran.

Beberapa kapal pesiar lain juga sudah memastikan akan bersandar di beberapa pelabuhan Indonesia dan 18 diantaranya sudah dipastikan akan singgah di Pelabuhan Celukan Bawang Buleleng, Bali.

Indonesia dalam beberapa tahun terakhir memang sedang getol-getolnya mengembangkan berbagai potensi di sektor pariwisata.

Potensi wisata Indonesia memang di beberapa daerah masih dalam tahap pengembangan dan mungkin masih dalam tahap memulai.

Investasi wisata memang menjadi beberapa fokus dalam pengembangan berbagai destinasi wisata, campur tangan pemerintah dan pihak terkait harus bisa berkesinambungan dan mengarah dalam tahap kemajuan sektor pariwisata Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*