Dermaga Pelabuhan Celukan Bawang Siap Sambut 4000 Wisatawan

Dermaga pelabuhan Celukan Bawang menjadi salah satu infrastruktur yang dikembangkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan menuju ke Bali. Celukan Bawang merupakan sebuah desa di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

Potensi wisata di wilayah Bali bagian utara tersebut memang tidak kalah dengan beberapa tempat wisata lain di Bali seperti pantai Kuta dan kawasan Tanjung Benoa. Dengan kondisi alam yang masih asri membuat Celukan Bawang menjadi tujuan wisata unggulan di Pulau Bali.

Jumlah wisatawan yang terus meningkat setiap tahunnya juga membuat kawasan Celukan Bawang diminati banyak investor. Peluang investasi di kawasan tersebut memang sangat besar mulai dari Perhotelan atau resort tepi pantai, restauran, infrastruktur, dan sebagainya.

Seperti saat ini yang sudah membuahkan hasil adalah dengan adanya dermaga pelabuhan Celukan Bawang. Dermaga tersebut dirancang sebagai tempat bersandar kapal pesiar dari berbagai dunia. Dengan adanya dermaga pelabuhan tersebut jumlah wisatawan yang datang ke Celukan Bawang dan Kawasan wisata Bali bagian utara meningkat berkali-kali lipat.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Nyoman Sutrisna, Kapal pesiar yang tersebut mampu membawa 4000 wisatawan dan mereka biasanya melakukan kunjungan wisata ke Pantai Lovina, Water Sport Kresna, Singaraja City Tour, Secret Garden dan Menjangan.

Celukan Bawang rencananya akan dijadikan kawasan perkotaan yang dikembangkan Pemprov Kabupaten Buleleng. Fungsi dari kawasan perkotaan Celukan Bawang tersebut adalah untuk melayani kegiatan di wilayah tersebut dan dijadikan pedoman dalam pemanfaatan serta pengendalian ruang.

Saat ini Pelabuhan Celukan Bawang merupakan jaringan transportasi laut internasional dalam pelayanan kapal barang dan penumpang. Sejak lima tahun terakhir, kunjungan wisatawan di wilyah Celukan Bawang terus meningkat. Selain itu investor juga sudah mulai melirik untuk ikut mengembangkan pelabuhan ini menjadi pelabuhan multi pupose.

Selain itu dermaga pelabuhan Celukan Bawang juga dinilai yang terbaik dibandingkan dengan pelabuha lain di Pulau jawa. Ini karena terdapat palung laut yang dalam sehingga cocok untuk bersandar kapal pesiar.

Untuk menuju ke pelabuhan Celukan Bawang melewati jalur darat dapat ditempuh dengan waktu 1 jam dari Kota Singaraja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*