Teluk Tomini berada di bagian timur laut Sulawesi Tengah. Keindahan Teluk Tomini memang tidak diragukan lag, bahkan Teluk Tomini menjadi salah satu wisata bahari di Indonesia yang udah dikenal hingga mancanegara.

Keindahan Teluk Tomini dibuktikan dengan tersebarnya 1.031 hektare kawasan terumbu karang dan 785,10 hektare hutan mangrove. Bahkan teluk seluas 6 juta hektare ini sedang didorong menjadi kawasan wisata laut terbesar di dunia.

Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya juga mengiyakan tentang keindahan Teluk Tomini. Bahkan di tahun 2017 Kementerian Pariwisata (Kemenpar) secara resmi mendorong seratus persen pengenalan Teluk Tomini dengan menyelenggarakan Festival Pesona Teluk Tomini (FPPT) 2017.

“Teluk Tomini adalah surga bagi para penyelam karena posisi geografis Teluk Tomini itu sendiri yang dilintasi garis khatulistiwa. Titik selamnya ada ratusan dan semuanya world class. Dari mulai terumbu jenis apollo, pinnacle, menara, dan barracuda, ikan warna warni, lumba-lumba, semua ada di sana. Silahkan kunjungi lagi Teluk Tomini,”¬† tambah Menpar Arief Yahya.

Teluk Tomini mulai ramai akan kunjungan wisatawan asing semenjak diadakanya Sail Tomini 2015. Sail Tomini 2015 menjadi awal permulaan yang bagus untuk pariwisata Sulawesi Tengah. Sail Tomini 2015 merupakan festival yang sengaja digelar untuk semakin memperkenalkan pariwisata di Sulawesi Tengah. Darisitulah berbagai festival berskala internasional dan nasional digelar.

Sulawesi Tengah memang terkenal akan keindahan alamnya mulai dari kontur pegunungan, pesisir pantai dan keindaham bawah laut menjadi daya tarik wisatawan untuk berlibur. Selain Teluk Tomini ada beberapa tempat destinasi wisata di Sulawesi Tengah yang layak menjadi referensi untuk berlibur ketika di Sulawesi Tengah diantaranya Pantai Tanjung Karang Donggala, Danau Poso, Pusat Laut Donggala, Museum Sulawesi Tengah, Pantai Talise, Taman Nasional Lore Lindu dan masih banyak lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here