Jika mengunjungi Kota Situbondo Jawa Timur ada baiknya jika untuk tidak melewatkan wisata yang satu ini, yap benar yaitu Pantai Pasir Putih Situbindo.

Pantai Pasir Putih Situbondo terkenal karena keindahan hamparan pasir putih yang indah dan enak dipandang mata.

Bujur garis pantai yang melengkung menghadap ke arah laut dengan latar belakang hutan yang membentuk gugusan pemandangan yang amat indah. Ke arah utara, wisatawan bisa lihat luasnya laut utara Jawa dengan garis putih tepi di pinggir pantai. Di belakangnya, rimbunan hutan menghidangkan kesejukan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung di pantai pasir putih situbondo.

Selain keindahan hamparan pantai yang indah, bagi wisatawan yang ingin menikmati pantai pasir putih Situbondo dengan cara lain disana juga tersedia beragam jenis olahraga air seperti diving, snorkeling sambil menikmati keindahan bawah laut.

Untuk fasilitas sendiri pengelola wisata pantai pasir putih Situbondo sudah bisa dibilang cukup lengkap. Pengelola wisata juga menyediakan sarana kamar mandi, musholla, dan sebagian area utk beristirahat berbentuk bangku beton yang umumnya dekat dengan beberapa penjual makanan.

Di area ini juga ada kios-kios yang jual souvenir layaknya tiruan perahu dan hiasan dan aksesori dari kerang. Untuk yang pingin menginap, di lebih kurang lokasi ada penginapan berbentuk hotel, motel, dan losmen. Namun bila pingin berkemah, ada juga area spesial utk berkemah.

Disamping itu, pada Bln. Oktober beberapa nelayan umumnya mengadakan upacara Petik Laut, yakni melarung makanan, jajanan, dan kepala lembu ke sedang laut sbg usaha memohon barokah hasil laut dari Tuhan. Pada upacara ini tidak jarang diselenggarakan pementasan musik ?Gandrung ?, yakni musik tradisional yang popular di tempat Banyuwangi dan sekitarnya.

Untuk lokasi sendiri pantai pasir putih Situbondo terbilang mudah diakses, Dari arah Situbondo,Pantai Pasir Putih berjarak sekitar 21 km atau 1/2 jam lama perjalanan dari Kota Situbondo. Dari Ibu Kota Situbondo ini, perjalanan menuju Pasir Putih bisa ditempuh dengan menaiki angkutan umum sepert bus dan juga minibus.

Sampai saat ini Pemerintah Daerah Situbondo terus melakukan pembenahan secara menyeluruh baik mulai dari fasilitas pendukung bagi para wisatawan yang akan berkunjung dan menikmati keindahan alam pantai pasir putih Situbondo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here