Beberapa tahun terakhir ini jumlah wisatawan Indonesia yang menggunakan kapal pesiar atau cruise terus mengalami peningkatan. Traveler menggunakan kapal pesiar menjadi trend baru liburan para traveler Indonesia.

Menurut Angie Stephen Managing Director Asia Pasific Royal Carribean menyebutkan memang ada jumlah peningkatan masyarakayat Indonesia yang menggunakan kapal pesiar untuk berlibur.

“Indonesia adalah salah satu negara Asia yang menunjukan jumlah penumpangnya meningkat di dua tahun terakhir. Dari tahun 2016 ke 2017 meningkat sebanyak 40 persen. Dan tahun 2017, sebanyak 46.500 wisatawan menggunakan cruise,” kata Angie.

Selain itu bukan hal mengejutkan lagi jika Indonesia berada di posisi top 3 penumpang kapal pesiar atau cruise terbanyak di Asia. Fakta ini membuktikan bahwa memang kapal pesiar menjadi altenatif liburan bagi masyarakat Indonesia. Sedangkan untuk tujuan favorit wisatawan Indonesia menggunakan kapal pesiar adalah berlayar ke Malaysia dan Thailand.

Kebanyakan wisatawan Indonesia membeli paket liburan yang sudah disediakan beberapa agen travel kapal pesiar. Apalagi jika musim liburan sudah mulai dan banyak promo maka bisa dipastikan lonjakan wisatawan akan terjadi.

“Jumlah penumpang Indonesia berada di dalam top 3 penumpang cruise terbanyak di Asia. Dan tujuan favorit Indonesia adalah berlayar ke Malaysia dan Thailand ,” tambah Angie.

Indonesia sendiri saat ini sedang mulai mengembangkan potensi wisata kapal pesiar. Sampai saat ini memang sudah ada beberapa kapal pesiar dari mancanegara singgah di Indonesia seperti di Surabaya, Jakarta dan Bali.

Di Bali sendiri sudah ada 2 pelabuhan kapal pesiar yang dipersiapkan sebagai tujuan destinasi Pelabuhan Celukan Bawang dan Pelabuhan Tanjung Benoa. Kedua pelabuhan tersebut sebelumnya sudah pernah disinggahi kapal pesiar dengan membawa lebih dari 4000 wisatawan asing ke Bali.

Sampai saat ini Pelabuhan Celukan Bawang dan Pelabuhan Tanjung Benoa terus berbenah dan di tahun 2018 ini diperkirakan sudah ada 7 kapal pesiar yang siap bersandar di Bali dan membawa wisatawan asing ke Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here