Sebagai salah satu Negara kepulauan dan dikelilingi oleh perairan Indonesia menyimpan sejuta keindahan dan kekayaan laut yang memukau bangsa lain. Setiap harinya selalu ada kunjungan wisatawan asing ke Indonesia untuk menikmati wisata bahari Indonesia.

Wisata bahari Indonesia menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Indonesia selain wisata alam lainnya. Keindahan laut, pantai dan gugusan pulau sungguh menjadi eksotisme yang memang dicari oleh wisatawan asing. Apalagi beberapa destinsi bahari Indonesia memang sudah ada yang terkenal di mata dunia diantaranya sebagai salah satu lokasi surfing dan diving.

Selain itu yang menjadi populer di Indonesia saat ini adalah wisata kapal pesiar cruise and yacht. Apalagi kebijakan pemerintah yang memang mendorong wisata bahari ini semakin menjadikan wisata kapal pesiar diminati wisatawan asing dan juga wisatawan lokal.

Data dari kementerian Pariwisata wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia sebagian besar tertarik berkunjung ke Indonesia karena potensi yang dimiliki berupa alam (nature) sebesar 35 persen, budaya (culture) 60 persen, dan manmade 5 persen.

Melihat hal ini Menpar Arief Yahya menyebutkan promosi wisata bahari sangatlah penting untuk semakin memperkenalkan destinasi wisata bahari Indonesia. Salah satu caranya adalah melalui Duta Maritim yang dipilih melalui ajang Putera Puteri Maritim Indonesia 2018.

Duta Maritim dipilih melalui beberapa kriteria ketat yang sudah ditetapkan. Putera Puteri Maritim Indonesia tidak hanya memiliki pengetahuan di bidang kelautan dan industri, tapi juga pengetahuan tentang pariwisata, yang mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia khususnya melalui Industri wisata bahari.

Hal terpenting yang diharapkan oleh semua pihak ketika mengemban Duta Maritim Indonesia adalah Putera Puteri Maritim Indonesia 2018 diharapkan nantinya bisa secara maksimal memperkenalkan wisata bahari Indonesia dimata Negara lain.

Imbas yang akan terasa adalah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia yang meningkat dan secara tidak langsung itu akan berimbas kepada perekonomian masyarakat Indonesia yang terkait dengan industri pariwisata terangkat. Intinya kesejahteraan ekonomi akan merata dari sektor pariwisata yang berkesinambungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here