Proyek PLTU Jawa Bali memang diperuntukkan untuk memenuhi pasokan listrik di dua pulau yang padat penduduk tersebut. Salah satu proyek infrastruktur ini menjadi prioritas pemerintah pusat sebagai upaya dalam mempercepat pembangunan nasional.

Wilayah dengan padat penduduk ini memang kerap terjadi pemadaman listrik sehingga penambahan pembangunan proyek PLTU Jawa Bali dibutuhkan untuk menghindari masalah tersebut.  Setiap tahun, kebutuhan listrik di dua wilayah Jawa Bali memang terus meningkat.

Dalam proses pembangunan proyek PLTU perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar. Salah satunya adalah komponen drainasi yang dilakukan. Komponen drainase dengan besi cor menjadi solusi terbaik dalam proyek PLTU.

Hingga saat in proyek PLTU Jawa Bali yang sudah menggunakan komponen drainase besi cor baru diterapkan di empat tempat. Berikut diantaranya.

PLTU Lontar

PLTU Lontar di provinsi Banten memiliki kapasitas 1×315 MW yang dapat memasok 3 subsistem di wilayah Banten dan DKI Jakarta. Komponen drainase yang digunakan berupa manhole cover cast iron.  Manhole cover tersebut berbentuk bulat dengan diameter hingga 200.

Proyek PLTU Lontar mampu menyerap hingga 3000 tenaga kerja. Ini tentu mampu memberikan dampak ekonomi yang sigifikan di sekitarnya.

PLTU Banten

PLTU Banten berada di Desa Salira, Kabupaten Serang Banten. Ini merupakan salah saru PLTU Jawa Bali yang menggunakan komponen drainase besi cor berupa grating cast iron. Desainnya berlubang-lubang yang memudahkan air untuk masuk ke dalam saluran drainase.

Pembangunan PLTU tersebut membutuhkan dana hingga 10 triliun rupiah yang berasal dari investor lokal maupun luar negeri.

Asahimas Power Plant

Pembangkit listrik ini masih di bawah PT Asahi Mas. Tujuan dibangunnya pembangkit listrik ini adalah untuk efisiensi produksi serta meningkatkan kapasitas produksi. Proyek ini menggunakan mahole cober cast iron D800 dengan tipe light duty dan heavy duty. Khusus tipe light dity digunakan di wilayah yang tidak dilewati kendaraan berat.

PLTU Celukan Bawang Bali

PLTU Jawa Bali selajutnya yang menggunakan komponen drainase besi cor adalah PLTU Celukan Bawang Bali. PLTU ini berada di Gerokgak, Buleleng.  Pembangunan PLTU ini menggunakan teknologi yang sudah modern mulai dari sistem keamanan hingga suplainya.

PLTU Celukan Bawang Bali menggunakan teknologi super ultra critical sehingga ramah lingkungan. Untuk komponen drainase, salah satu PLTU Jawa Bali terbaik ini menggunakan cast iron D700 yang didesain dengan motif timbul. Untuk bagian frame menggunakan desan berlubang agar pemasangan beton menjadi lebih kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here