Di Indonesia terdapat ratusan waduk yang tersebar di berbagai daerah. Namun dari ratusan waduk yang ada, tentunya hanya sedikit yang tahu waduk pertama yang di bangun di Indonesia. Waduk tersebut adalah Waduk Jatiluhur yang terdapat di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Waduk Jatiluhur dibangun pertama kali setelah Indonesia, tepatnya pada tahun 1957 dan selesai pembangunannya pada 1967.

Jika melihat sejarah, sebenarnya bendungan ini bernama Bendungan Ir. H. Djuanda, yakni Perdana Menteri Ri terakhir yang memimpin kabinet Karya pada tahun 1957 hingga 1959. Ir. Djuanda merupakan seorang yang memperjuankan pembiayaan pembangunan Waduk Jatiluhur melalui pemerintahan Indonesia dan forum internasional.

Waduk Jatiluhur dibangun dengan membandung Sungai Citarum dengan luas 4.500 km persegi. Kontraktor pembangunan adalah Perancis Coyne et Bellier. Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno mengawali pembangunan waduk dengan meletakan batu pertama. Kemudian sepuluh tahun kemudian Presiden Soeharto meresmikannya, tepatnya pada 26 Agustus 1967.

Pembangunan Waduk Jatiluhur menenggelamkan 14 desa. Penduduk dari desa yang menjadi korban pembangunan waduk tersebut direlokasi ke daerah sekitar bendungan. Sebagian lainnya dipindah ke Kabupaten Karawang.

Waduk Jatiluhur memiliki peranan yang besar terhadap pertanian karena menjadi sumber irigasi untuk 242.000 ha sawah, perikanan, serta menjadi penyeimbang ekosistem alam di wilayah Jawab Barat dan sebagian Jakarta.

Bahkan Waduk Jatiluhur juga berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga air (PLTA) dengan 6 turbin yang memiliki daya terpasang 187 MW. Produksi tenaga listrik yang dihasilkan mencapao 1.000 juta kwh per tahun.

Pembangunan Waduk Jatiluhur menelan iaya US$ 230 juta. Selain memiliki banyak manfaat untuk masyarakat sekitar dan masayarakat Jawa Barat pada umumnya, Waduk Jatiluhur saat ini juga digunakan sebagai obyek wisata. Sudah banyak fasilitas penunjang dan banyak hotel, restaurant, bar, perkemahan, kolam renang, wahana air, serta fasilitas pendukung lainnya.

Bagi yang gemar olahraga air, Waduk Jatiluhur sangat tepat untuk dikunjungi. Tempat ini memiliki olahraga air seperti selancar angin, boating, mendayung, dan ski air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here