Kabar gembira bagi dunia pariwisata di Sumatera Utara khususnya di Kawasan Wisata Danau Toba. Badan Otoritas Danau Toba (BODT) menyebut bahwa sudah ada lima investor yang diperkirakan dalam waktu dekat akan membangun hotel berbintang di kawasan Danau Toba Indonesia.

Menurut Ari Prasetyo Ketua BODT lima investor yang akan membangun hotel berbintang memang sudah expert dan lama di sektor hotel serta memiliki relasi operator internasional.

Untuk tahap awal yang akan dilakukan adalah penandatangan kerjasama. Rencananya penandatangan kerjasama akan dilakukan oktober nanti di Bali disela-sela pertemuan internasional IMW-World Bank Bali 2018.

Ari mengatakan bila semua berjalan lancar investasi dari lima investor tersebut terjaga dan kondisi keuangan mereka lancar, pembangunan hotel ditargetkan bisa dimulai tahun depan. Pembangunan hotel, diperkirakan akan membutuhkan waktu dua sampai tiga tahun sampai bisa dioperasionalkan.

Untuk investasi hotel di Danau Toba BODT memberikan sewa lahan kepada investor dalam pembangunan hotel dalam bentuk izin hak guna bangunan (HGB) dalam jangka waktu 30 tahun. Namun Arif menyebut bahwa nantinya investor bisa kembali memperpanjang hak guna bangunan selama 50 tahun, namun semua itu masih dalam tahap perampungan perjanjian.

Selain dalam pembangunan hotel, BODT kata Ari saat ini tengah menjaring investor untuk membangun rumah sakit, lapangan golf dan sekolah bertaraf internasional di kawasan Danau Toba.

Melihat banyaknya ketertarikan investor pariwisata di untuk pengembangan industri pariwisata di kawasan Danau Toba memang bisa dibilang sangat membuat banyak pihak senang. Jika realisasi investasi tersebut berjalan lancar maka secara tidak langsung ekonomi masyrakat di sekitar Danau Toba akan semakin terangkat.

Danau Toba adalah danau alami besar di Indonesia yang berada di kaldera gunung berapi super. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 1.600 meter. Danau ini terletak di tengah pulau Sumatera bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here