Danau Linow merupakan salah satu objek danau yang cukup unik dari sekian banyak yang ada di Indonesia, tepatnya objek ini berada di Desa Lahendong Kabupaten Tomohon Kota Minahasa.

Dulu danau ini tidaklah terlalu tenar oleh para penikmat wisata alam yang berkunjung ke Manado, tetapi sejak danau ini dikelola dengan bagus, apalagi sekarang sudah diambil alih oleh pihak swasta semenjak tahun 2006, Danau Linow makin diketahui banyak oleh para penikmat wisata dalam negeri ataupun mancanegara.

Untuk menuju ke lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 50 menit perjalanan dari kota Manado ke Kota Tomohon dengan jarak tempuh sekitar 38 Km, berikutnya dari Tomohon kita bisa melanjutkan perjalanan ke Danau Linow dengan jarak tempuh sekitar 700 meter. Apabila kita lihat daerah ini cakupan zonanya cukup luas yakni sekitar 34 hektar.

Untuk menempuh lokasi ini kita bisa memakai kendaraan pribadi atau umum dari Kota Manado. Menjelang Danau Linow kita mesti membeli karcis masuk seharga Rp. 25.000,-, karcis ini telah termasuk dengan minuman secangkir teh atau kopi dan kudapan manis kecil seperti manisan kelapa. Daerah ini di buka dari jam 08.00 hingga dengan 18.00.

Memandang Danau Linow dari dekat akan membuat kita takjub denganpanorama alamnya yang menawan serta warna-warni danaunya yang sering kali berganti-ganti. Kadar sulfur yang terdapat di daerah ini cukup tinggi, hal ini bisa kita rasakan selama kita berada di wilayah ini dengan adanya bau sulfur. Tetapi tak usah takut, penduduk setempat mengatakan bahwa bau sulfur yang muncul bisa menyembuhkan penyakit.

Kadar sulfur yang tinggi menyebabkan timbulnya warna warni di danau Linow, sesekali warna danau akan berganti menjadi biru keputihan di pagi hari dan di siang hari akan berubah menjadi hijau kebiruan.

Apabila kita lebih ke pinggir mendekati bibir danau kita akan memperhatikan air di bibir danau ini muncul gelembung-gelembung dari dalam. Hal ini merupakan lumpur panas yang terdapat di sekitar danau, untuk itu kita perlu berhati-hati jangan sampai tercebur ke lumpur.

Di daerah ini terdapat juga sebuah cafe yang di desain mirip sebuah dermaga. Dikarenakan sambil duduk-duduk dan merasakan hidangan yang terdapat di café ini kita juga bisa sekaligus merasakan suasana alam yang terdapat di Danau ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here